alexametrics
Sabtu, 16 Oct 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

TPA Sente Overload, Butuh Mesin Pengolah Sampah Residu

12 September 2021, 01: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

TPA Sente Overload

TPA Sente yang berada di Desa Pikat, Kecamatan Dawan (DEWA AYU PITRI ARISANTI)

Share this      

SEMARAPURA- TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan kini menjadi tempat penampungan sampah residu sejak Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center wilayah Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung beroperasi.

Meski begitu, TPA satu-satunya di Klungkung daratan itu membutuhkan mesin pengolah sampah, mengingat kondisinya yang sudah overload.

Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana, Sabtu (11/9) mengungkapkan, TPA Sente memiliki luas 0,9 hektare sudah lama mengalami overload.

Baca juga: Menko Airlangga: OJK-Perbankan Vital Selamatkan UMKM saat Pandemi

Setelah TOSS Center beroperasi dan sejumlah desa dapat mengolah sampahnya sendiri, TPA Sente tetap menampung sampah walau hanya sampah residu. “4-6 truk sampah residu dibawa ke TPA Sente per hari untuk sampah perkotaan. Sementara masing-masing desa sekitar 6 meter kubik sampah residu per hari per desa,” bebernya.

Hal itu tentunya memperparah kondisi TPA Sente yang sudah overload. Penataan terus dilakukan agar ruang-ruang yang ada di TPA Sente dapat termanfaatkan secara maksimal.

Selain itu, Suadnyana juga mengaku telah menjajaki sejumlah perusahaan untuk pengadaan mesin pengolah sampah residu. “Mesin pengolah residu sangat dibutuhkan karena TPA Sente sudah overload,” ungkapnya.

Suadnyana berharap mesin pengolah sampah residu itu bisa segera didapatkan. Sehingga sampah-sampah yang ada di TPA Sente dapat diolah sehingga TPA satu-satunya di Klungkung daratan itu bisa menampung sampah residu yang setiap hari terus bertambah.

“Ada mesin yang bisa mengolah sampah residu menjadi balok dan lainnya. Kalau tidak, maka akan kami coba dengan alat insinerator sekala kecil,” tandasnya.

(rb/don/ayu/yor/JPR)

 TOP