alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarbali
Home > Politika
icon featured
Politika

Sahabat Ganjar Borong Makanan dan Bantu UMKM Terdampak Pandemi

12 September 2021, 12: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

sahabat ganjar, sahabat ganjar tabanan, Bali, Pilpres 2024, Ganjar Pranowo, borong dagangan, UMKM,

ahabat Ganjar Tabanan saat memborong produk UMKM dan pedagang kaki lima di Tabanan. (Juliadi)

Share this      

TABANAN- Meski baru terbentuk, Sahabat Ganjar di Tabanan langsung tancap gas dengan memberikan dukungan kepada masyarakat.

Salah satu aksi Sahabat Ganjar, ini yakni dengan membantu membeli berbagai produk makanan dan minuman yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

Selanjutnya produk yang sudah dibeli dari UMKM dan pedagang kaki lima tersebut kemudian disalurkan kepada masyarakat yang layak atau kurang mampu.

Baca juga: Menang Dua Kali Berturut, Teco: Terlalu Awal Bahas Kandidat Juara

“Di Tabanan ada beberapa UMKM yang kami sasar diambil secara acak (Random). Turun-turun kejalan-jalan. Aksi sosial ini beberapa perwakilan saja yang turun dengan menyasar pasar tradisional maupun di emperan.

Dan membeli produk pedagang kaki lima (UMKM). Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," jelas Koordinator Sahabat Ganjar, Tabanan, I Gusti Ngurah Gede Suryawan, ditemui Sabtu (11/9).

Menurutnya, aksi ini sejatinya serentak dilakukan oleh Sahabat Ganjar di seluruh Indonesia. Demi tujuan untuk membangkitkan perekonomian UMKM di masa pandemi Covid-19. Mengingat mereka sangat merasakan dampak ekonomi.

Terlebih lagi di Bali sendiri banyak pekerja wisatawan yang beradu nasib dengan mengubah hidup mereka.

Dari yang dulunya bekerja di pariwisata kini beralih menjadi pelaku UMKM.

“Inilah yang menjadi dasar kami, sehingga putaran ekonomi berjalan di pelaku UMKM. Tentunya aksi ini juga terinspirasi dari bapak Ganjar yang begitu getol memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM,” terangnya.

Memborong produk UMKM yang dilakukan Sahabat Ganjar juga dilakukan di kabupaten lainnya di Bali. Seperti kabupaten Badung dan Denpasar.

Nah untuk makanan dan produk lainnya yang sudah diborong selanjutnya diberikan secara gratis kepada masyarakat yang melintas seperti Ojol,Tukang Kebersihan,Tukang Parkir dan masyarakat yang melintas.

“Sedangkan dana untuk membeli makanan UMKM bersumber dari dana sukarela atau urunan dari berbagai relawan atau donatur dari Sahabat Ganjar. Dana urunan dikumpulkan baru disalurkan dengan membeli produk UMKM,” bebernya.

Ketua DPW Sahabat Ganjar Provinsi Bali, I Gusti Gede Arya Teja menambahkan kegiatan aksi dengan membantu UMKM.

Dia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu berkelanjutan.

Bahkan pihaknya berharap rekan-rekan relawan seperjuangan dari perwakilan daerah Kabupaten/Kota DPC Sahabat Ganjar untuk ujuk gigi menggelar aksi serupa.

Yakni aksi kemanusiaan bergotong royong dalam membangkitkan perekonomian di masa pandemi.

“Salah satu caranya bersama-sama Sahabat Ganjar menghidupkan kembali perekonomian dengan membantu memborong dagangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik pedagang kaki lima,” pintanya.

Sekedar diketahui di Bali sendiri dari 9 kabupaten/kota sudah terbentuk masing-masing Koordinator Sahabat Ganjar.

Sahabat Ganjar ini murni dibentuk untuk memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024.

Mengingat sosok Ganjar dinilai begitu dekat masyarakat. Bahkan para relawan yang tergabung dalam Sahabat Ganjar dari berbagai elemen.

Mereka bergabung tanpa ada paksaan atau suruhan. Mereka relawan yang tergabung dasarnya menyukai sosok Ganjar Pranowo. 

(rb/jul/pra/JPR)

 TOP