alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarbali
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment
Jelang PON XX/2020 Papua

Oka Sulaksana Tertantang Taklukan Ombak Papua

14 September 2021, 04: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

pon papua, atlet pon bali, oka sulaksana,

Peselancar angin PON Bali IGM Oka Sulaksana (kiri) saat bersama sang anak yang juga peselancar angin PON Bali I Gusti Bagus Gopala Sulaksana di Pantai Hyatt, Sanur (Alit Binawan/Radar Bali)

Share this      

DENPASAR– Usianya sudah tidak muda lagi, tetapi I Gusti Made Oka Sulaksana masih sangat prima untuk mewakili Bali di PON XX/2020, Papua. Di PON Papua nanti, dia akan turun di nomor RSX. Porsi latihan berat terus dilakukannya meskipun usianya sudah menginjak 50 tahun.

Badannya masih tegap dan dari caranya berlatih, dia siap “melahap” lawan-lawannya di PON Papua. Tidak tanggung-tanggung dalam sepekan, dia berlatih enam kali di Pantai Hyatt, Sanur. Dari raut wajahnya, dia tidak gentar dengan calon lawannya di PON Papua yang pasti lebih muda darinya.

“Persiapan kami sudah maksimal. Kami sudah kompak dan melakukan latihan enam kali seminggu. Mungkin nanti sebelum berangkat, intensitas latihan sedikit dikurangi agar kondisi fisik tetap prima,” ucapnya saat ditemui usai latihan pada Minggu lalu (12/9).

Baca juga: Galeri Lukisan Perupa Binaan BPD Bali Dibuka

Wakil Bali di cabor layar bukan hanya Oka Sulaksana saja. Masih ada sang anak I Gusti Bagus Gopala Sulaksana yang turun di nomor RS One dan peselancar angin muda berusia 16 tahun, Hazel Danendra. Ketiganya diproyeksi untuk meraih medali emas di PON Papua.

Hanya satu tantangan yang dimiliki Oka Sulaksana, yaitu dia belum pernah merasakan bertanding di Papua. Padahal dia sudah melanglang buana ke berbagai penjuru dunia untuk menjajal angin dan ombak. Itu sebabnya dia berhasil meraih dua medali emas Asian Games di tahun 1998 dan 2022. Selain itu, dia ikut ambil bagian dalam empat edisi Olimpiade.

Mulai dari Olimpiade Atlanta 1996, Sydney 2000, Athena 2004, dan Beijing 2008. “Kebetulan belum pernah kesana (Papua). Belum tahu bagaimana ombak di sana. Tapi dari informasi teman-teman dan dari kiriman video mereka, ombaknya itu mirip di Bali. Kadang besar dan anginnya kencang,” ujarnya.

(rb/lit/don/yor/JPR)

 TOP