alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Megawati Disebut Meninggal Dunia, PDIP Se-Bali Lapor Polisi

Pengurus PDIP Laporkan 12 Akun Penyebar Hoax

14 September 2021, 14: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Hoax, megawati meninggal dunia, Polresta Denpasar, Polda Bali, PDIP Bali, laporkan pemilik akun, media sosial, berita bohong,

Pengurus DPC PDIP Kota Denpasar saat mendatangi SPKT Polresta Denpasar pada Selasa (14/9/2021) pagi. (Marcell Pampurs)

Share this      

DENPASAR-Pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar mendatangi SPKT Polresta Denpasar pada Selasa (14/9/2021) pagi.

Kedatangan pengurus partai berlambang banteng moncong putih ini, yakni untuk membuat pengaduan terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoax ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri meninggal dunia.

Dugaan hoax itu disebar luaskan melalui sejumlah akun media sosial.

Baca juga: Wow! Honda DBL Siapkan 500+ Livestream Laga Basket

Pantauan radarbali.id, laporan atau pengaduan polisi dibuat langsung Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDIP Kota Denpasar I Wayan Sutama.

Saat  mendatangi Polresta Denpasar, Sutama didampingi Wakil Sekretaris Ni Ketut Sudiani,  Penasehat Hukum I Made Kondra, serta beberapa jajaran pengurus dari DPC dan PAC PDIP se Kota Denpasar. 

Sesuai laporan, jajaran pengurus PDIP ini melaporkan 12 akun media sosial yang diduga melakukan penyebaran berita bohong tersebut.

Dimana dalam akun Twitter, sejumlah pemilik akun itu membuat berita hoax bahwa Megawati Soekarno Putri meninggal dunia. 

Selain itu, dalam pembuatan laporan, pihak pelapor juga menyertakan beberapa bukti.

Diantaranya, screenshoot maupun copy beberapa akun yang diduga telah mengunduh dan menyebarkan kembali dugaan berita bohong (hoax) tentang Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarno Putri

Terkait pelaporan itu, Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Sukadi saat dikonfirmasi membenarkan.

Laporan pengaduan pihak pelapor, imbuh Iptu Sukadi diterima dengan Laporan Pengaduan Masyarakat (Dumas) Nomer Reg : DUMAS/709/IX/2021/SPKT/SAT. RESKRIM/POLRESTA DENPASAR/POLDA BALI.

Sdangkan masih terkait laporan, Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Made Uder seizin Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan menyatakan bahwa Polresta Denpasar akan menangani laporan ini secara profesional.

"Kami selalu melayani masyarakat apabila ada pihak kelompok masyarakat yang melaksanakan pengaduan tentang telah terjadinya suatu tindak pidana dan ada pihak yang dirugikan. Kita selalu profesional dalam menangani setiap laporan atau pengaduan sehingga masyarakat merasa terlindungi dan terayomi," terang Kompol Uder. 

Sementara itu secara terpisah, atas dugaan hoax, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Bali juga melakukan tindakan serupa dengan melaporkan kasus ini ke ke Polda Bali, Selasa (14/9/2021).

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PDIP Bali, Made Supartha mengatakan jika berkas-berkas laporan itu sudah diserahkan langsung ke pihak jajaran Ditreskrimsus Polda Bali. 

Menurutnya, aksi penyebaran hoax oleh orang-orang tak bertanggungjawab itu bagian dari tindak pidana dan masuk dalam bagian kejahatan terselubung dan sarat dengan kepentingan politik.

"Jadi laporan ini dilakukan serentak diseluruh DPD PDIP yang ada di seluruh Indonesia, agar kedepannya diharapkan pihak Kepolisian bisa mengungkap langsung aktor-aktor yang terlibat pada kasus penyebaran hoax ketua Umun kami.

Jelas ibu ketum kita Megawati Soekarno Putri dalam keadaan sehat walafiat, masih bisa bicara, masih bisa mengurusi urusan internal partai dan negara, kok tega dibilang meninggal," tandasnya. 

(rb/mar/pra/JPR)

 TOP