alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

AWAS! Uang Palsu Beredar di Karangasem

14 September 2021, 23: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

peredaran uang palsu, warga jadi korban, polres karangasem,

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

Share this      

AMLAPURA- Salah seorang penjual gas elpiji mengeluhkan peredaran uang palsu (Upal) di wilayah Karangasem. Ia pun mengimbau agar masyarakat waspada dan lebih teliti saat melakukan transaksi.

Hal itu dialami Yobi Arya Sugata, penjual elpiji kelilin ig. Dia tertipu saat melakukan transaksi di wilayah Bebandem dan mendapati hasil jualannya berisi upal dengan nominal Rp 100 ribuan. “Saya dapat dari pelanggan saya di wilayah Kecamatan Bebandem kemarin (Senin),” ucap Sugata, Selasa (14/9).

Kejadian berawal saat Sugata menerima pembayaran gas dengan uang nominal Rp 100 ribuan. Saat diamati, ia curiga uang tersebut berbeda dengan uang nominal Rp 100 ribuan yang asli. “Sekilas terlihat sama, namun saat diterawang tidak muncul gambar seperti uang pecahan yang sama pada umumnya," sambung Sugata.

Baca juga: Hilang 3 Hari, Putri Ditemukan Tewas Membusuk di Jurang

Untuk lebih meyakinkan, Sugata juga sempat menyandingkan uang yang diduga palsu tersebut dengan uang asli. Hasilnya, meski sekilas tampak mirip, tetapi jika diperhatikan dengan diteliti terlihat kertas uang yang nampak berbeda. Selain itu, ketika diterawang juga tidak nampak ada gambar pahlawan. “Selain itu juga terlihat ada perbedaan pada hologramnya,” imbuh dia.

Kecurigaannya itu kemudian disampaikan kepada langganannya tersebut. Di sana pelanggan yang tadinya membayarkan uang diduga palsu itu juga merasa kaget. Kepada Sugata, pelanggannya itu kemudian mengingat-ingat mendapatkan upal tersebut. “Dari pengakuan pelanggan saya, katanya dia dapat dari saudaranya yang berjualan di pasar. Dari kejadian ini saya hanya ingin mengingatkan agar lebih teliti menerima uang saat transaksi,” tandasnya.

Hingga berita ini ditulis, Sugata belum melaporkan temuan upal ke pihak kepolisian. 

(rb/don/zul/yor/JPR)

 TOP