alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Events
icon featured
Events
Sambut Dies Natalis Ke-59

Unud Gelar Donor Darah dan Plasma Convalesen untuk Pasien Covid-19

17 September 2021, 20: 00: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Universitas Udayana, Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU, dies natalis unud ke-59, donor darah unud

BAKSOS: Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU (berdiri kanan) saat meninjau donor darah (17/9). (MARSELLO PAMPURS/RADAR BALI)

Share this      

DENPASAR, Radar Bali - Universitas Udayana merayakan dies natalis ke-59 yang jatuh tepat pada tanggal 29 September 2021 mendatang. 

Untuk menyambut perayaan tersebut, Universitas Udayana menggelar kegiatan sosial berupa donor darah dan donor plasma convalesen.

Kegiatan itu digelar di gedung Skill Lab Cakra Vidhya Usadha lantai I Fakultas Kedokteran, kampus Universitas Udayana, Sudirman Denpasar pada Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Menko Airlangga: Saatnya Era Ekonomi Berbasis Inovasi

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-59 Unud, Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma, S.Ked, M.Sc, Sp.S(K) dari Fakultas Kedokteran mengatakan, untuk hari Jumat (17/9/2021), setidaknya ada 83 orang pendonor yang terlibat. Dari jumlah itu dibagi dua.

Sebanyak 70 orang yang melakukan donor darah dan 13 orang lainnya melakukan donor plasma convalese .

"Jadi hari ini screening dulu dan besok (hari ini) untuk diambilkan plasma convalesen  Sebagian besar peserta adalah dari civitas akademika. Dari dosen, pegawai dan mahasiswa," katanya di sela kegiatan.

Dijelaskannya bahwa kegiatan donor plasma convalesen itu dilakukan untuk membantu masyarakat yang saat ini masih dinyatakan positif covid-19.

Sehingga dalam rangka dies natalis ini, donor darah dan plasma convalesen ini menjadi salah satu rangkaian acara yang diikutsertakan.

"Kami melibatkan banyak pihak juga dari Universitas Udayan, dari RS Sanglah. Dan tahun ini kami fakultas kedokteran diberi percaya melaksanan kegiatan dies natalis ini," imbuhnya. 

Eka Widyadharma juga mengimbau masyarakat dan mahasiswa untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan. Menerapkan 3M. Mencuci tangan, memakai masker dan selalu menjaga jarak.

Sementara itu, Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU menerangkan, dalam dies natalis ini ada dua rangkaian acara yang dilakukan. 

"Dibagi dua berkaitan dengan akademik, dan yang kedua kekeluargaan. Acara akademik dilakukan dengan orasi ilmiah," terangnya.

Lanjut dia, selain itu akan ada juga pidato pertanggungjawaban Rektor terkait pencapaian setahun terakhir. Lalu kemudian akan ada pemberian Udayana Awards.

Penghargaan tertinggi di Universitas Udayana diberikan kepada mereka yang berkontribusi besar baik dalam pengetahuan maupun sosial budaya. 

"Mungkin saja nominatornya dari internal maupun eksternal. Tahun ini ada dua orang nominasinya dan sekarang sedang dibahas kelayakannya," imbuhnya.

Ditambahkannya, terkait acara kekeluargaannya, hal yang ditekankan perayaannya adalah keakraban antara warga kampus dengan civitas akademika. 

"Saling berdiskusi berkaitan dengan universitas dalam setahun terakhir. Diisi dengan kegiatan bersifat ilimiah. Ada webinar, seminar, workshop, pekan ilmiah dan bermacam-macam pengabdian seperti donor darah dan plasma convalesen untuk mereka yang belum sembuh dari covid-19 ini," tandasnya sembari berharap agar mahasiswa dan masyarakat selalu taat Prokes dan menerapkan 3M dalam aktivitas sehari-hari.

Mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

(rb/han/yor/JPR)

 TOP