alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Metro Denpasar
icon featured
Metro Denpasar

Ratusan WNA Australia Tinggalkan Bali

19 September 2021, 23: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

wna australia, tinggalkan bali, bandara ngurah rai, menuju australia,

Suasana di Bandara Ngurah Rai saat ratusan warga Australia tinggalkan Bali. (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA - Ratusan Warga Negara (WNA) Australia di Bali dipulangkan ke negaranya, Minggu (19/9) dini hari. Pemulangan langsung menggunakan pesawat carter Qantas Airways.

Taufan Yudhistira  selaku Stakeholder Relation Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai tak menampik bahwa ada repatriasi atau pemulangan WNA Australia yang tinggal di Bali menuju kampung halamannya. “Ya, Sabtu (18/9) kami melayani kegiatan repatriasi WNA Australia,” ujarTaufan.

Ratusan WNA tersebut langsung dijemput dengan pesawat carter Qantas Airways. Pesawat tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 23.10 dan meninggalkan Bali sekitar pukul 01.10 (Minggu dini hari). “Kurang lebih ada 180-200 orang WNA yang diberangkatkan. Pesawat berangkat dari Sydney menuju Denpasar. Setelah itu dari Denpasar penumpang diberangkatkan menuju Darwin Australia,” terangnya.

Baca juga: Wow, Kerugian Negara Rp 1 Miliar Lebih

Namun sebelum mereka meninggalkan Bali, pihak Bandara juga melakukan pemeriksaan sesuai prosedur yang berlaku. Mulai check-in dan pengecekan kesehatan, boarding pass manual dan drop bagasi. Setelah itu mereka masuk ke ruang Imigrasi dan dilanjutkan menunggu di ruang tunggu. “Jadi prosedur pemeriksaannya sama seperti sebelumnya karena kami sudah pernah melayani repatriasi,” bebernya.

Lebih lanjut, pelayanan penerbangan repatriasi jauh-jauh hari sudah diinfokan kepada pengelola Bandara. Penerbangan ini merupakan bentuk fasilitas negara Australia untuk membantu warga Australia yang rentan selama pandemi seperti terpapar Covid-19 atau jadwal penerbangan dibatalkan. Pemerintah Australia bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan Pemerintah Provinsi Bali untuk memfasilitasi penerbangan komersial ke Australia dari Denpasar. 

(rb/dwi/don/yor/JPR)

 TOP