alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal
Dari Sidang Terdakwa Eks Direksi BPR Legian

Cairkan Rp23,1 Miliar untuk Beli Mobil Mewah dan Senjata Api

20 September 2021, 19: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

bos bpr legian, sidang tuntutan direksi, bpr legian, jaksa penuntut umum, pengadilan negeri denpasar,

Bos BPR Legian, Titian Wilaras saat menjalani sidang beberapa waktu lalu. (dok.radarbali)

Share this      

KEPALA bisnis BPR Legian, I Gede Made Karyawan dan saksi Ni Putu Dewi Wirastini (Direktur Kepatuhan) dan saksi Indra Wijaya (Direktur Utama) menjalani sidang tuntutan terpisah.

Terungkap, terdakwa dan saksi lainnya didakwa menjalankan perintah Titian Wilaras mencairkan dana milik PT BPR Legian untuk kepentingan pribadi Titain Wilaras selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP).

“Total transaksi sebesar Rp23,1 miliar,” ujar JPU I Putu Eri Setiawan kepada majelis hakim yang diketuai Ida Ayu Adnya Dewi, Senin (20/9).

Baca juga: Ternyata, Selebgram Rani Eks LC di Salah Satu Tempat Karaoke di Bali

Uang puluhan miliar tersebut digunakan untuk membeli berbagai mobil mewah dan aparetemen. Misal, pada 3 April  2018 transfer sebesar Rp2,2 miliar untuk pembelian mobil Mercy.

Selanjutnya 15 Mei 2018 transfer sebesar Rp2,3 miliar untuk pembelian mobil Range Rover, tanggal 16 Mei  2018 tranfser sebesar Rp 205 juta untuk pembelian senjata api dan 7 Juni 2018 transfer sebesar Rp5,5 miliar untuk pembelian apartemen Senayan City Residence.

Saksi Titian Wilaras selaku PSP sekaligus Komisaris Utama pada PT BPR Legian dengan sengaja memerintahkan komite yang terdiri dari terdakwa dan saksi lainnya melakukan transfer maupun setoran dana milik BPR Legian.

Uang disetorkan ke saksi Titian Wilaras dan/atau kepada pihak lain yang ditunjuk untuk kepentingan pribadi saksi Titian Wilaras. Caranya, mereka membukukan pada pos Biaya Dibayar Dimuka (BDD) atas beban kas dan/atau antar bank aktiva  (ABA)  BPR  tanpa  disertai underlying/dokumen pendukung.

Dijelaskan JPU, saksi Titian Wilaras menyimpan dananya dalam bentuk tabungan di PT BPR Legian. “Saksi Titian Wilaras memberikan perintah melalui WhatsApp (WA) untuk melakukan pengeluaran uang untuk keperluan pribadi,” beber JPU Kejari Denpasar itu.

(rb/san/don/yor/JPR)

 TOP