alexametrics
Sabtu, 16 Oct 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Kecanduan Nyabu, Dua Mahasiswa Jadi Budak Bandar Narkoba

22 September 2021, 23: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

pengedar narkoba, pn denpasar, jaksa penuntut umum,

Dua terdakwa pengedar narkoba (kiri bawah) menjalani sidang daring. (Maulana Sandijaya/Radar Bali)

Share this      

DENPASAR – Menjadi mahasiswa tidak membuat I Gede Enap Karma Putra dan I Nyoman Darmawan berpikir bijak. Keduanya justru nekat menjadi kurir sabu-sabu.

Motif utama mereka menjadi kurir sabu bukan uang. Ini karena mereka kecanduan sabu, sehingga mudah diperbudak bandar narkoba. Kini, mereka harus melanjutkan “kuliah” di Lapas Kelas IIA Kerobokan.

Bahkan, keduanya terancam hukuman pidana penjara 20 tahun. Ini karena sabu yang dibawa mereka lebih dari 5 gram. “Berat bersih sabu yang disita dari kedua terdakwa 7,78 gram,” beber JPU GA Surya Yunita kepada majelis hakim diketuai Ida Ayu Adnyana Dewi.

Baca juga: BRI Shops Master Class Latih Merchant Tangguh Hadapi Tantangan Global

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 114 ayat (2) juncto 132 aya (1) UU Narkotika, atau Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU yang sama. “Mereka tidak mengajukan keberatan, sidang dilanjutkan pembuktian Minggu depan,” tegas jaksa dari Kejari Denpasar itu.

Dijelaskan dalam dakwaan, dua terdakwa diringkus anggota Satnarkoba Polresta Denpasar pada Selasa 8 Juli 2021 sekitar pukul 16.00 di depan markas TNI Prajaraksaka, Desa Kepaon, Pemongan, Denpasar Selatan.

“Polisi menemukan beberapa paket sabu siap edar yang ditaruh di sepeda motor yang dikendarai terdakwa,” jelas JPU Yunita. 

Polisi juga melakukan penggeledahan di rumah terdakwa Nyoman Darmawan, Jalan Satria I, Gang Kelapa Kuning, Kuta, Badung. Polisi menemukan satu paket plastik sabu dan berang bukti terkait lainnya.

Terdakwa mengaku memperoleh sabu dari seorang yang bernama Asmad (DPO). Mereka sudah dua kali mendapat paket sabu dari Asmad untuk diedarkan. “Mereka mendapat imbalan sabu 0,4 gram untuk dikonsumsi sendiri,” pungkas JPU.

(rb/don/san/yor/JPR)

 TOP