alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Satu-Satunya di Gianyar Bali, Ketua PKK Tegalalang Dijabat Laki-laki

25 September 2021, 15: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Pelantikan ketua PKK, PKK tegalalang, Gede Arimbawa, suami camat tegalalang, ketua PKK laki-laki, Pemkab Gianyar,

Ketua TP PKK Tegalalang, Gede Arimbawa saat pelantikan (Ist)

Share this      

GIANYAR - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) identik dengan perempuan.

Namun pada pelantikan TP PKK Kecamatan di Ruang Sidang Bupati Gianyar, pada Jumat (24/9) kemarin, ada yang berbeda.

Ketua TP PKK Kecamatan Tegalalang, dijabat Gede Arimbawa.

Baca juga: Datangi Kantor PHDI, KHMDI Tabanan Kecam Hasil MLB di Gianyar

Gede Arimbawa merupakan suami dari Camat Tegalalang, Wayan Ari Trisna Handayani. Dengan pelantikan Gede Arimbawa, maka Arimbawa menjadi satu-satunya laki-laki yang menjabat sebagai ketua TP PKK  di "Gumi Seni" Kabupaten Gianyar, Bali.

Gede Arimbawa bersama enam istri Camat dilantik oleh Ketua TPP PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Adnyani Mahayastra yang merupakan istri Bupati Gianyar menyatakan ke depan, kegiatan TP PKK tidak hanya bersifat seremonial.

"Melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga-keluarga di wilayah masing-masing dan kembali pada rohnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga," ujar Adnyani Mahayastra.

Lanjut dia, gerakan PKK sesungguhnya adalah potensi pembangunan bagi bangsa dengan memahami potensi yang dimiliki. 

Maka harus digelorakan dan dipelihara serta dikembangkan secara terus menerus. "Atas dasar itulah program kerja  PKK kedepannya harus langsung dapat dirasakan masyarakat," ujarnya.

Dia berharap, ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan maupun Desa di Gianyar diminta memahami dengan baik dan benar struktur kelembagaan, tugas, dan fungsi yang diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri.

"Sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi lembaga dengan tata kelola yang baik secara terstruktur dan hierarki," pintanya.

Surya Adnyani Mahayastra juga meminta agar ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik mampu melaksanakan 10 program pokok PKK.

Serta mendukung program pemerintah provinsi dan pusat. Dengan melaksanakan kegiatan yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Mari sinergikan kekuatan kita, kreativitas kita dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan karakter anak bangsa yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar memiliki akhlak yang mulia dan berbudi pekerti luhur," pungkasnya.

Adapun Ketua TP PKK yang dilantik selain Gede Arimbawa, diantaranya, Saren Adi Astuti Widana sebagai ketua TP PKK Kecamatan Payangan;

Rasmini Suwija sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Ubud; Eka Alit Adnyana sebagai ketua TP PKK Kecamatan Gianyar; Ariyuni Eka Putra sebagai ketua TP PKK Kecamatan Blahbatuh.

(rb/dra/pra/JPR)

 TOP