alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa
Dari Vaksinasi Hewan Penyebar Rabies

Karena Setiap 10 Menit di Dunia Orang Mati karena Rabies

25 September 2021, 22: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

hewan penyebar rabies, vaksinasi anjing, Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar,Kecamatan Sukawati,

Warga membawa anjing peliharaan untuk divaksin di Banjar Tempekan Palekan, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati. (Istimewa)

Share this      

GIANYAR- Sebanyak 189 anjing atau hewan penyebar rabies (HPR) divaksin di Banjar Tempekan Palekan, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati. Suntik rabies secara door to door untuk mencegah penyebaran kasus rabies di wilayah tersebut.

Kepala UPTD Puskeswan Wilayah III, drh. Nyoman Arya Dharma seizin Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar Made Raka mengatakan, saat vaksin rabies dikawal Fakultas Kedokteran Hewan Unud dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bali. "Tadi hasil vaksinasi rabies dan pengobatan menyasar sebanyak 189 ekor anjing," ujar Arya, Sabtu (25/9).

Partisipasi masyarakat diharapkan agar rabies bisa terkendali di Bali, khususnya Gianyar. Maka itu disosialisasikan antara lain terkait apa itu rabies, tanda gejala klinis, pencegahan, hewan penular rabies, penanganan jika tergigit anjing rabies, serta nomor kontak yang bisa dihubungi ketika terjadi kasus.

Baca juga: BBMKG Ingatkan Warga Waspada Gelombang Tinggi Laut

 "Bahwa faktanya setiap 10 menit di dunia, orang mati karena rabies. Lebih dari 95 persen kasus rabies pada manusia disebabkan oleh gigitan anjing," jelas Arya Dharma.

Lanjut Arya Dharma, ketika ada korban gigitan anjing, disarankan luka gigitan agar dicuci dengan air mengalir dan sabun. Kemudian diberikan antiseptik dan segera larikan ke Puskesmas maupun layanan kesehatan terdekat.

Dijelaskan, ada dua gejala klinis pada hewan yang terserang virus rabies. "Ada yang tenang, cenderung menyendiri, kemudian kejang, lumpuh, kematian dalam waktu singkat. Ada hewan yang ganas, menyerang apa saja yang bergerak, hilang rasa takut, kejang dan lumpuh," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, hewan penular rabies, tidak saja anjing. Tapi juga kucing dan monyet. Maka itu, Arya Dharma mengimbau agar masyarakat tetap waspada pada hewan yang tenang, apalagi hewan yang ganas beringas. "Makanya vaksinasi rabies ini penting disuntikkan pada hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing," tegasnya.

(rb/dra/don/yor/JPR)

 TOP