alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment
PON XX/2021 Papua

Tim Renang Bali Sabet Tiga Perunggu, Berpeluang dapat Emas

11 Oktober 2021, 04: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Perenang PON Bali, pon xx/2021 papua,  Eva Lilian van Leenan,Stadion Akuatik Lukas Enembe, Distrik Kampung Harapan, papua,

Perenang PON Bali yang turun di nomor 200 meter gaya dada putri, Eva Lilian van Leenan saat bertanding di Stadion Akuatik Lukas Enembe, Distrik Kampung Harapan, Minggu malam. (Alit Binawan/Radar Bali)

Share this      

SENTANI– Tim Renang PON Bali sejauh ini sudah mengemas tiga perunggu. Perunggu pertama Tim Renang PON Bali berhasil disumbangkan Dewi Novita Lestari yang turun di nomor 200 meter gaya dada putri pada Sabtu malam (9/10).

Minggu malam kemarin (10/10), dua perunggu berhasil diraih. Masing-masing berhasil dipersembahkan oleh Eva Lilian Van Leenan yang turun di nomor 200 meter gaya dada putri yang berlangsung di Stadion Akuatik Lukas Enembe, Distrik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Catatan waktunya kemarin adalah 02:34:51. Sedangkan emas berhasil diraih perenang Jatim Ressa Kania Dewi dengan catatan waktu 02:33:97 dan perunggu diraih oleh perenang Riau Ananda Treciel Vanessae Evato dengan catatan waktu 02:34:51.

Baca juga: 600 Ribu Lebih Warga Karangasem Telah Divaksin

Perunggu lainnya datang dari nomor 200 meter gaya bebas putra setelah Pande Made Iron Digjaya finish ketiga dengan catatan waktu 02:20:82. Emas sendiri diraih oleh perenang DKI Gagarin Nathaniel Yus dengan catatan waktu 02:17:81 detik. Sedangkan perak direbut oleh wakil Jatim Andi Muhammad Nurrizka dengan catatan waktu 02:18:11.

“Untuk sementara, kami di renang kolam sudah mengumpulkan tiga perunggu,” terang Pelatih Kepala Tim Renang PON Bali Wayan Wiarta saat diwawancarai kemarin. Perunggu sebenarnya sudah cukup baik. Sebab masih beberapa nomor lainnya yang bisa mempersembahkan emas.

Apalagi lanjut Wiarta, perenang PON Bali hampir dua tahun tidak merasakan atmosfer persaingan di kejuaraan nasional maupun internasional akibat pandemi Covid-19. “Mereka sempat ‘menangis’. Event ini (PON XX/2021, Papua) kok ganas sekali dan sangat menakutkan. Tapi kami coba untuk membuat mereka tenang. Tiga perunggu ini adalah pembuka jalan medali berikutnya,” terangnya.

Dia mengatakan jika ada sembilan nomor yang diprediksi meraih medali. Tiga di antaranya sudah menghasilkan perunggu. Sekarang masih ada enam nomor yang belum dipertandingkan. “Misalnya masih ada 100 meter gaya dada. Pande Iron dan Eva akan turun di sana. Di nomor 100 meter gaya punggung putra juga peluang,” beber Wiarta.

“Ada juga 200 meter gaya bebas,” tambahnya. Eva Lilian sendiri masih punya peluang besar meraih emas. Terutama dari nomor 50 meter dan 100 meter gaya dada yang menjadi spesialisasinya. Kemarin, di 50 meter pertama, Eva sempat memimpin sebelum kecepatannya mulai mengendur.

Selain itu dia adalah peraih emas di nomor 50 meter gaya dada putri di PON XIX/2016, Jabar. “Peluang untuk meraih medali lagi sangat besar. Ada beberapa perenang yang belum turun di nomor spesialisasinya,” tutup Wiarta.

(rb/lit/don/yor/JPR)

 TOP