alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Hasil Swab Antigen Perdana Ratusan Siswa di Dua SMP di Badung Negatif

14 Oktober 2021, 13: 30: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

swab antigen, Pembelajaran tatap muka, SMPN 3 Abiansemal, SMPN 5 Mengwi, Diskes badung, prokes, ingat 3M,

Pelaksanaan swab antigen pertama bagi siswa di SMPN 3 Abiansemal, Badung, Rabu (13/10) kemarin (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA– Hari pertama swab antigen siswa di Badung dilaksanakan di SMPN 3 Abiansemal dan SMPN 5 Mengwi, Rabu (13/10) kemarin.

Tes swab yang mengambil 10 persen dari total siswa.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMP 3 Abiansemal Nyoman Swastini menerangkan, pelaksanaan swab ini sejatinya siswa sudah siap untuk ikut.

Baca juga: Tak Punya Motor, Polsek Ubud Door to Door Jemput Lansia untuk Vaksin

Sebab sebelum swab dilaksanakan juga diumumkan kepada siswa termasuk diwajibkan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK).

 “Jadi kami sudah sampaikan sebelumnya kepada siswa, termasuk orang tua siswa. Sehingga kami yakin siswa sudah siap saat di Swab,” ujarnya

Selain itu, imbuh Swastini, orang tua siswa juga merespon positif.

Sehingga pelaksanaan swab bisa berjalan sesuai harapan. Untuk di SMP 3 Abiansemal terdapat 1.035 siswa dari kelas VII hingga kelas IX. Sehingga pihaknya memastikan ada sebanyak 100 lebih siswa yang menjalani swab.

“Jadi totalnya 10 persen dari jumlah siswa yang ada. Siswa pun sudah tau akan menjalani swab secara acak, mengingat kami informasikan dulu, termasuk kepada orang tuanya,” jelas Swastini.

Sementara secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Badung dr Nyoman Gunarta menyatakan, pelaksanaan swab perdana bagi siswa di SMPN 3 Abiansemal dan SMPN 5 Mengwi berjalan lancar.

Disebutkan, ada ratusan siswa yang diambil sampelnya. Untuk hasil, dr Nyoman Gunarta menyatakan tidak ditemukan hasil reaktif. “Semua hasilnya negative dan astungkara sudah selesai. Hasilnya, semua negatif,” terang mantan Dirut RSD Mangusada.

 Selain pelaksanaan swab antigen, para  siswa juga dilakukan screening penyakit, seperti batuk, pilek atau demam. “Testing ini akan dilaksanakan secara berkala sesuai jadwal,” katanya.

 Sebagai tahap awal testing, kata Kadiskes, petugas menyasar lebih dulu ke sekolah SMP.

Sesuai jadwal Rabu (13/10), test dilaksanakan di SMPN 3 Abiansemal dan SMPN 5 Mengwi. Kemudian, Kamis (14/10), berlanjut ke SMPN  4 Kuta Selatan dan SMPN 2 Kuta. Pada  Jumat (15/10), dilaksanakan di SMPN 1 Kuta Utara dan SMPN 1 Petang.

“Harapan kami semoga semua aman. Tidak ada positif.  Sehingga PTM berjalan aman. Kedepan harapan kita tidak lagi terbatas, kalau satu bulan ini aman, maka bisa sekolah bersama,” pungkas sembari menyatakan jika dalam pelaksanaan PTM (pembelajaran Tatap Muka), pihaknya terus mengingatkan kepada para pengajar maupun siswa untuk terus menerapkan protocol kesehatan dengan ingat selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, dan tidak membuat kerumunan serta selalu menjaga jarak.

(rb/dwi/pra/JPR)

 TOP