alexametrics
Sabtu, 16 Oct 2021
radarbali
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Ternyata Ini Penyebab Harga Manggis dari Bali Melompat Sampai Dua Kali

14 Oktober 2021, 18: 00: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Harga manggis, naik, melompat dua kali, petani manggis, Bali, penyebab harga naik,

Proses pengemasan manggis asal Tabanan di rumah kemas eksportir Jro Tesan di Desa Padangan, Pupuan, Tabanan, Bali. (JULIADI/ RADAR BALI)

Share this      

TABANAN – Harga manggis yang melompat sampai dua kali membuat petani manggis di Bali semringah. Kenaikan harga buah manggis ini ternyata karena beberapa sebab.

Ketua Perkumpulan Eksportir Manggis dan Hortikultura Indonesia Jro Putu Tesan pun menjelaskan beberapa hal yang mengakibatkan naiknya harga manggis.

Diketahui, saat pandemic Covid-19 sedang tinggi-tingginya. Harga manggis hanya berada pada kisaran Rp15 ribu per kilogram. Kini, Jro Tesan menyebut harganya sudah membumbung menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Baca juga: Harga Porang Anjlok, Harga Manggis Malah Melompat Sampai Dua Kali

“Semula harga manggis sempat turun karena dampak pandemi Covid-19 di kisaran harga Rp 15 ribu per kilogram. Sekarang naik jadi Rp30 ribu per kilogram,” kata Jro Tesan, Rabu (13/10).  

Jro Tesan mengungkapkan, naiknya harga manggis ini setidaknya karena dua hal. Yang pertama, kata Jro Tesan, itu lantaran ekspor manggis meningkat seiring dengan kebutuhan yang meningkat di luar negeri. Salah satu yang utama adalah Tiongkok.

Kata dia, setiap kali pengiriman ke negeri tirai bambu mencapai 36 ribu ton.  Bali sendiri mampu menyumbang ekspor buah manggis ke Tiongkok sekitar 55 persen.

Selain ke Tiongkok, manggis dari Bali juga memiliki pasar ekspor ke negeri Timur Tengah. Di antaranya ke Uni Emirat Arab walau volumenya masih kecil. Yakni hanya 1-2 ton setiap kali pengiriman.

Faktor kedua, lanjut dia, karena faktor buah manggis Bali mampu bersaing di pasar ekspor, karena kualitas buahnya.

“Sejauh ini persaingan buah manggis ekspor masih dengan negara Thailand,” ungkapnya.

(rb/jul/yor/JPR)

 TOP