Kamis, 02 Dec 2021
Radar Bali
Home / Travelling
icon featured
Travelling

Pandemi, Ini Tips Aman yang Perlu Anda Perhatikan saat Naik Kereta Api

22 Juni 2021, 15: 56: 25 WIB | editor : ali mustofa

Pandemi, Ini Tips Aman yang Perlu Anda Perhatikan saat Naik Kereta Api

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

Share this      

DENPASAR - Kereta api merupakan salah satu moda transportasi terfavorit yang digunakan untuk bepergian di masa pandemi ini.

Selain nyaman dan memiliki banyak rute, tiket kereta api juga terjangkau dan bebas dari macet.

Nah, bagi Anda yang ingin bepergian naik kereta api dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda lancar, nyaman dan juga aman.

Baca juga: Mau Aman saat Berpergian, Terapkan 5 Tips Ini Saat Naik Pesawat

Berikut ada berbagai tips aman naik kereta di masa adaptasi kebiasaan baru selama pandemi yang bisa jadi referensi Anda.

1. Beli tiketnya jauh-jauh hari

Jika sudah rencana ingin bepergian dengan kereta api, segera beli tiketnya secara online. Stasiun tidak lagi melayani pembelian tiket untuk keberangkatan yang masih lama, melainkan hanya tiket go show.

Selain itu dengan beli online dari rumah, Anda bisa meminimalisir kemungkinan kontak dengan orang lain atau berkerumun yang tidak disarankan di masa pandemi ini.

Meski waktu keberangkatan Anda masih lama, namun Anda bisa menyiapkan tiketnya dari sekarang. Ada banyak website yang menawarkan kemudahan beli tiket kereta api online, seperti Traveloka misalnya.

Anda bisa cari tiket kereta api di sini saja dan hemat waktu Anda dalam mencari tiket dengan harga terbaik ke kota yang dituju.

2. Jaga kesehatan tubuh

Jika Anda sudah punya jadwal keberangkatan yang sudah jelas dan tiketnya sudah di tangan, maka selanjutnya adalah menjaga kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi fit sebelum hari H keberangkatan.

Hal ini penting mengingat kita masih di masa pandemi dan potensi tertular virus saat beraktivitas di luar rumah selalu ada.

Maka dari itu Anda harus menyiapkan tubuh dalam kondisi prima agar sistem imun tubuh bisa bekerja dengan maksimal melindungi diri dari partikel asing yang bisa membuat Anda sakit.

Sebagai info, di stasiun akan ada pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu Anda lebih dari 37,5 derajat celcius maka Anda bisa ditolak masuk ke area stasiun meski punya tiket resmi dan membawa hasil tes Genose maupun rapid test dengan hasil negatif.

Jadi daripada rencana bepergian berantakan, ada baiknya jaga kondisi kesehatan Anda sebelum berangkat ya!

3. Datang ke stasiun lebih awal

Sama seperti naik pesawat, Anda disarankan untuk tiba di stasiun lebih awal dari jadwal keberangkatan.

Hal ini untuk menghindari adanya antrian saat pemeriksaan surat keterangan hasil rapid test antigen yang jadi syarat perjalanan kereta api jarak jauh saat ini.

Apalagi jika Anda berencana melakukan tes Genose di stasiun. Anda perlu datang lebih awal ke stasiun untuk mengantri di booth tes Genose hingga mendapatkan hasilnya.

Selain itu dengan tiba lebih awal, Anda bisa melakukan tes dengan nyaman, tidak terburu-buru dan bisa lebih tenang sebelum melakukan perjalanan.

4. Bawa barang-barang wajib selama pandemi

Bepergian di masa adaptasi kebiasaan baru selama pandemi ini perlu persiapan lebih ekstra soal barang-barang yang harus dibawa di tas.

Yang paling penting dan utama adalah jangan lupa bawa masker cadangan dan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih setelah menyentuh berbagai permukaan di stasiun maupun saat di gerbong.

Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi sebagai antisipasi jika di perjalanan Anda tiba-tiba merasa kurang enak badan.

Bawa juga obat-obat yang umum, seperti obat mabuk perjalanan, obat pusing, demam, masuk angin, flu dan juga minyak aromaterapi dan plester luka.

5. Persiapkan hiburan dan camilan

Jika rute yang Anda naiki adalah rute jarak jauh seperti Jakarta-Yogyakarta yang bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 8 jam, tentunya akan sedikit membosankan.

Bisa juga dengan membawa konsol game portable seperti Switch atau bisa juga merencanakan mabar dengan teman untuk main game online kesayangan lewat smartphone.

Selain itu pastikan juga Anda membawa cemilan dan air minum di dalam tas agar mudah dijangkau jika tiba-tiba lapar atau haus.

Anda juga harus tahu mengenai peraturan terbaru naik kereta di masa pandemi yang masih diterapkan hingga kini.

Salah satunya adalah dilarang mengobrol dengan penumpang lain maupun berbicara lewat telepon. Selain itu Anda juga wajib pakai masker di sepanjang perjalanan.

Meski ada sedikit perbedaan tentang tata cara naik kereta di masa adaptasi kebiasaan baru selama pandemi, namun hal tersebut dimaksudkan untuk menghindarkan Anda dari potensi tertular virus dan tetap bisa bepergian dengan nyaman.

Jadi, next time Anda berangkat naik kereta api, jangan lupa tips-tips di atas ya!

(rb/mus/mus/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia